Profil 10 Murid Imam Syafi'i dalam Riwayat Qaul Qadim dan Qaul Jadid

Profil 10 Murid Imam Syafi'i dalam Riwayat Qaul Qadim dan Qaul Jadid

Fatwapedia.com – Berbicara Biografi Imam Syafi’i maka kita akan temukan sederet nama tokoh ulama yang merupakan murid-murid terbaiknya. Imam Asy-Syafi’i-rahimahullah- memiliki murid-murid pilihan yang meriwayatkan berbagai pemikiran, pendapat, fatwa, dan kitab-kitab beliau. Diantara mereka, ada sepuluh orang yang sangat terkenal meriwayatkan berbagai pendapat dan kitab-kitab beliau. Dari sepuluh ini terbagi menjadi dua kelompok, pertama meriwayatkan Qaul Qadim (pendapat lama), dan kedua meriwayatkan Qaul Jadid (pendapat baru). Empat diantaranya meriwayatkan qaul qadim, dan yang enam sisanya meriwayatkan qaul jadid.

Adapun yang meriwayatkan Qaul Qadim imam Asy-Syafi’i –rahimahullah– adalah :

Murid-murid terbaik Imam Syafi’i yang meriwayatkan dari jalur Qaul Qadim ada empat, berikut profil singkatnya

1. Al-Hasan Az-Za’farani

Nama lengkap beliau adalah : Al-Hasan bin Muhammad Abu Ali Al-Baghdadi Az-Za’farani. Ibnu Hibban dalam kitab “Ats-Tsiqat” berkata : “Beliau adalah periwayat bagi Asy-Syafi’i.” Beliau termasuk periwayat yang paling kuat/kokoh dari Asy-Syafi’i sebagaimana dinyatakan oleh Imam Al-Mawardi –rahimahullah-. Pernah suatu ketika para imam hadir di majelisnya imam Asy-Syafi’i, diantara mereka adalah Imam Ahmad bin Hambal dan Abu Tsaur. Akan tetapi imam Asy-Syafi’i memilih Al-Hasan Az-Za’farani sebagai pembaca untuk beliau. Al-Hasan Az-Za’farani wafat di bulan Ramadhan tahun 260 H. [Thabaqutusy Syafi’iyyah : 2/62 dan Thabaqatul Fuqaha’ : 112].

2. Imam Ahmad bin Hanbal

Nama lengkap beliau adalah : Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal Asy-Syaibani –rahimahullah-. Lahir pada tahun 164 H dan wafat pada hari Jum’at di bulan Rajab tahun 241 H. Qutaibah bin Sa’id berkata : “Seandainya Ahmad bin Hanbal menjumpai zaman Malik, Ats-Tsauri, Al-Auzai, dan Al-Laits bin Sa’ad, maka beliaulah yang pantas diutamakan.” Imam Abu Tsaur berkata : “Ahmad bin Hanbal lebih berilmu dan lebih faqih dari Sufyan Ats-Tsauri.”

3. Abu Tsaur Al-Kalbi

Nama lengkap beliau adalah : Ibrahim bin Khalid bin bin Abil Yaman. Ada yang menyatakan kunyah beliau Abu Abdillah. Beliau seorang yang sangat faqih dan berilmu. Mengambil ilmu dari Imam Asy-Syafi’i dan selainnya. Imam Ahmad bin Hanbal berkata tentangnya : “Aku mengenalnya sebagai seorang yang mengikuti sunnah semenjak lima puluh tahun. Menurutku, beliau ini seperti “selongsong kulit”-nya Sufyan Ats-Tsauri.” Awalnya beliau mendalami ilmu di lingkaran ahli ra’yi. Setelah itu beliau pergi ke Irak sampai akhirnya bertemu dengan Imam Asy-Syafi’i. Abu Tsaur, walaupun termasuk dari thabaqat Ashhab (murid-murid) imam Asy-Syafi’i, akan tetapi memiliki madzhab tersendiri. Demikian dinyatakan oleh imam Ar-Rafi’i –rahimahullah-. [Thabaqat Asy-Syafi’iyyah : 2/55].

4. Abu Ali Al-Karabisi

Nama lengkap beliau adalah : Al-Husain bin Ali bin Yazid Abu Ali Al-Baghdadi Al-Karabisi. Beliau mengambil fiqh dari imam Asy-Syafi’i. Awalnya beliau berjalan di atas madzhab ahli ra’yi. Imam Al-‘Abbadi –rahimahullah- berkata : “Belum ada yang lulus dari tangan Asy-Syafi’i semisal Al-Husain di Iraq.” Beliau meriwayatkan pendapat-pendapat lama Imam Asy-Syafi’i di dalam buku yang sangat tebal. Demikian dinyatakan oleh Imam Al-Isnawi. Beliau wafat tahun 245 H.

Adapun yang meriwayatkan qaul jadid (pendapat-pendapat baru) Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah– ada enam, berikut profil singkatnya:

1. Abu Ayyub Al-Buwaithi

Nama lengkap beliau adalah : Yusuf bin Yahya Al-Qurasy Al-Buwaithi Al-Mishri. Salah seorang murid imam Asy-Syafi’i yang sangat faqih dan berilmu. Ar-Rabi’ bin Sulaiman berkata : “Beliau memiliki kedudukan yang special di sisi Imam Asy-Syafi’i –rahimahullah-. Dalam beberapa kesempatan, jika ada seorang yang datang kepada imam Asy-Syafi’i bertanya beberapa masalah, maka beliau mengarahkan untuk bertanya kepada Abu Ayyub Al-Buwaithi seraya berkata : “Dia itu lisan-ku”. Bahkan imam An-Nawawi dalam kitab “Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab” pernah menyatakan : “Sesungguhnya Abu Ayyub Al-Buwaithi lebih mulia dari Al-Muzani dan Ar-Rabi’ Al-Muradi.” Beliau wafat bulan Rajab tahun : 231 H.

2. Harmalah

Nama lengkap beliau adalah : Harmalah bin Yahya Abu Hafsh Al-Mishri. Beliau termasuk salah satu hafidz yang masyhur dari murid-murid imam Asy-Syafi’i serta termasuk salah satu periwayat senior untuk pendapat-pendapat imam Asy-Syafi’i yang jadid (baru). Beliau seorang hafidz dalam hadits serta sempat mengarang kitab “Al-Mabsuth” dan “Al-Mukhtashar”. Wafat pada bulan Syawwal tahun : 243 atau 244 H.

3. Ar-Rabi’ Al-Jizi

Nama lengkap beliau adalah : Ar-Rabi’ bin Sulaiman bin Dawud Abu Muhammad Al-Azdi Al-Mishri Al-A’raj (pincang). Wafat tahun : 256 H.

4. Al-Muzani

Nama lengkap beliau adalah : Ismail bin Yahya Al-Muzani Al-Mishri. Beliau salah seorang yang sangat berilmu dan faqih. Mengambil ilmu dari imam Asy-Syafi’i dan termasuk murid pertama beliau. Imam Asy-Syafi’i pernah mengatakan : “Al-Muzani seorang yang menolong madzhabku.” Wafat pada bulan Ramadhan, atau ada yang mengatakan pada bulan Rabi’ul Awwal tahun : 264 H.

5. Yunus bin Abdil A’la

Nama lengkap beliau adalah : Yunus bin Abdil A’la bin Maisarah Abu Hafsh Al-Mishri. Termasuk salah satu murid Asy-Syafi’i dan seorang ulama’ ahli hadits. Imam Muslim, Abu Dawud dan An-Nasai meriwayatkan hadits dari beliau. Imam Adz-Dzahabi –rahimahullah- berkata : “Kepemimpinan ilmu di Mesir telah terhenti kepadanya.” Wafat pada bulan Rabi’ul Awwal tahun : 264 H.

6. Ar-Rabi’ Al-Muradi

Nama lengkap beliau adalah : Ar-Rabi’ bin Sulaiman bin Abdul Jabbar Al-Muradi Al-Mishri. Shahib, pelayan, dan periwayat kitab-kitab jadid (baru) imam Asy-Syafi’i. Ar-Rabi’ lebih paham hadits dibandingkan Al-Muzani. Tapi, Al-Muzani lebih paham fiqh dibandingkan Ar-Rabi’. Imam Asy-Syafi’i berkata : “Dia seorang yang paling hafidz dari para sahabatku.” Wafat pada tahun : 207 H.

Dari pemaparan di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa qaul qadim (pendapat lama) imam Asy-Syafi’i, adalah pendapat-pendapat beliau saat masih tinggal di Baghdad (Iraq). Sedangkan qaul jadid (pendapat baru)nya, adalah pendapat-pendapat yang beliau nyatakan saat telah pindah ke Mesir. Konon, dari kesepuluh nama yang telah disebutkan, Al-Muzani adalah yang paling sering mengeluarkan pendapat yang keluar dari madzhab. Sebagian ulama’ menyatakan, hal itu disebabkan karena beliau sering mentela’ah kitab-kitab Hanafiyyah sehingga terpengaruh dengannya. Selain itu, katanya beliau juga masih banyak terbawa kepada pengaruh madzhab Ahli ra’yi yang beliau pengangi sebelumnya. Wallahu a’lam.

Dengan mengetahui sepuluh nama di atas, maka saat kita mendapatkan sebuah pendapat imam Asy-Syafi’i, maka kita bisa menentukannya, apakah termasuk pendapat lama atau pendapat baru dari sisi orang yang meriwayatkannya. Suatu contoh : jika menukil pendapat imam Asy-Syafi’i dari kitab “Al-Umm”, kita akan mendapatkan bahwa pendapat tersebut diriwayatkan oleh Ar-Rabi’ bin Sulaiman Al-Muradi. Berarti, pendapat ini merupakan pendapat baru Imam Asy-Syafi’i setelah beliau pindah ke Mesir.

Kitab “Al-Umm”, merupakan kumpulan dari kitab imam Asy-Syafi’i yang dikumpulkan oleh Ar-Rabi’ bin Sulaiman Al-Muradi terdiri dari apa yang beliau dengan secara langsung dan tulisan tangan beliau. Setelah dikumpulkan, diajurkan kepada beliau untuk dipelajari, diteliti, dimuraja’ah serta disusun dengan rapi. Asal muasal kitab “Al-Umm” sebenarnya apa yang ditulis oleh beliau sewaktu masih tinggal di Iraq yang nama sebelumnya adalah “Al-Hujjah”. Setelah pindah ke Mesir, maka kitab ini mengalami beberapa revisi maka jadilah kitab “Al-Umm”. Hal ini sebagaimana diceritakan oleh salah satu murid beliau yang bernama imam Al-Buwaithi –rahimahullah-. Sekian. Semoga bermanfaat.

Oleh : Ust. Abdullah Al-Jirani

Leave a Comment