Demi Allah Aku Tidak Peduli dengan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

No comments

Oleh : Faris Gasim Anuz

Ada sebuah ungkapan populer seorang ulama Salaf (Orang dahulu) yang beredar di medsos bersamaan kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Perkataan tersebut berbunyi demikian,

والله ما يهمني لو كانت حبة القمح بدينار، عليَّ أن أعبده كما أمر، وعليه أن يرزقني كما وعد”؟

“Demi Allah, aku tidak peduli dengan kenaikan harga barang, walaupun harga sebiji gandum adalah 1 dinar (4,25 gr emas). Kewajibanku adalah beribadah kepada Allah sesuai yang ia perintahkan, dan Dia pasti akan memberikan rezekiku sebagaimana yang telah Dia janjikan.”

Riwayat di atas disandarkan kepada Ibrahim bin Adham rahimahullah tapi tidak diketahui pasti sumber dan validitasnya.

Riwayat di atas banyak dinukil oleh para ulama untuk menunjukkan pentingnya tawakal kepada Allah dan memantapkan kewajiban kita untuk beribadah kepada Allah dan memantapkan keyakinan kita bahwa Allah adalah Maha Pemberi rezeki.

Ucapan orang Shalih di atas adalah sikap pribadi yang penuh tawakal kepada Allah. Ucapan di atas jangan diartikan oleh kita untuk tidak peduli dengan penderitaan masyarakat atau untuk membenarkan kezaliman sekelompok orang yang menjadi penyebab kenaikan harga seandainya kenaikan harga tersebut disebabkan kezaliman manusia bukan kenaikan yang alami.

Ucapan di atas bukan untuk menumpulkan daya kritis para ahli ilmu dan wakil rakyat atas kebijakan penguasa menaikkan harga BBM atau lainnya.

Barangkali ada solusi lain selain menaikkan harga BBM, listrik atau lainnya agar meringankan beban masyarakat.

Semoga Allah memberikan taufik kepada para ahli ilmu dan wakil rakyat untuk selalu beramar ma’ruf nahi mungkar, memberikan saran dan kritik yang membangun kepada penguasa dengan cara yang santun atau bijak.

Semoga Allah memberikan taufik kepada para penguasa di negeri-negeri kaum muslimin untuk menjadi orang-orang yang adil, jujur, amanat dan sayang kepada rakyat…

Semoga Allah menguatkan hati kami agar menjadi orang-orang yang sabar setelah maksimal berdoa dan berikhtiar..

Semoga Allah memberikan taufik kepada kita untuk bertaubat kepada Nya, untuk menjadi orang-orang yang bertakwa agar Allah memberikan keberkahan, rezeki dan jalan keluar dari segala kesulitan yang menimpa kita… Aamiin…

Bagikan:

Tags

Leave a Comment