Begini Adab Menata Kitab

No comments
Begini Adab Menata Kitab
Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq 
Fatwapedia.com – Apakah anda termasuk orang yang punya koleksi banyak kitab? Sudahkan ditata dengan rapi di rak? Jika belum Berikut ini adab atau panduan menyusun kitab di rak buku menurut kitab tadzkiratus sami’. Selamat menyimak.
١. واذا وضعها على خشب ونحوه جعل فوقها او تحتها خشب او نحوه. والأولى ان يكون نينه وبين الأرض خلو.
Dan ketika meletakkan kitab-kitab di rak lemari, maka hendaknya bagian atas dan bawahnya ada penyangga (sekat), dan diantara rak kitab bagian bawah dengan lantai ada jarak yang memisahkan.
٢.  ويراعي الأدب فى وضع الكتب باعتبار علومها وشرفها, ومصنفها وجلالتهم : فيضع الأشرف على الكل. 
Hendaknya selalu menjaga adab dalam menyusun kitab, demi menghormati ilmu yang terkandung di dalamnya, kemuliaan ulama yang menyusunnya dan keagungannya. 
Diantara bentuknya adalah dengan meletakkan kitab yang paling mulia di atas kitab-kitab lainnya.
٣. المصحف الكريم جعله اعلى الكل… ثم كتب الحديث الصرف… ثم تفسير القران، ثم تفسير الحديث، ثم اصول الدين، ثم الفقه، ثم النحو و التصريف، ثم اشعار العرب، ثم العروض.
Mushaf al Qur’an yang mulia harus diletakkan di posisi paling atas dari semua jenis kitab. Kemudian di bawahnya kitab-kitab hadits murni (seperti shahih Bukhari, muslim dan lainnya).
Baru disusul kitab-kitab tafsir al Qur’an, kemudian kitab syarah hadits, lalu kitab aqidah, lalu kitab fiqih, disusul kitab-kitab Nahwu Sharaf, syair arab dan paling bawah buku-buku sastra / ilmu umum lainnya.
٤. فإن استوى كتابان فى فنّ، اعلى اكثرها قرانا او حديثا. فان استويا فبجلالة المصنف،فإن استويا قاقدمها كتابتا واكثرها وقوعا فى ايدي العلماء.
Jika dua kitab memiliki kesamaan dalam cabang ilmu dan harus diletakkan salah satunya di atas dari lainnya, maka yang dipilih adalah kitab yang paling banyak kandungan ayat atau haditsnya.
Jika keduanya sama, dipilih yang paling agung penulisnya. Jika sama juga maka dipilih yang paling awal ditulis dan yang paling banyak digunakan oleh para ulama….
 📜تذكرة السامع والمتكلم ص. ١٩٠

Bagikan:

Tags

Leave a Comment